.quickedit{display:none;}

Kamis, 21 Desember 2017

Terhindar Dari Bea Cukai Indonesia Asal Baca Artikel Ini

Terhindar Dari Bea Cukai Indonesia Asal Baca Artikel Ini. Kebanyakan orang merasa takut untuk membawa barang-barang dari luar negeri ke Indonesia dengan alasan takut ditahan oleh bea cukai atau harus membayar pajak dalam jumlah besar.

Apalagi sekarang pemerintah menaikan bea cukai masuk 1.151 barang impor. Prinsipnya setiap barang yang akan masuk ke dalam negeri merupakan barang impor.

Kaitannya terhadap barang impor adalah peraturan untuk impor barang pribadi penumpang. Aturan mengenai bea cukai di Indonesia telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 89/PMK.04/2007.

Tapi tak semua barang impor akan dikenakan biaya. Ingin membawa barang atuu oleh-oleh dari luar negeri namun takut kena ba cukai Indonesia ? Tak perlu khawatir sebaiknya simak dulu artikel ini. Terhindar Dari Bea Cukai Indonesia Asal Baca Artikel Ini.

Peraturan Bea Cukai Indonesia
  1. Untuk perorangan, nilai maskimalnya dalah 250 USD, jika lebih dari batas yang telah ditentukan akan dikenakan bea masuk, pajak serta biaya lain.
  2. Untuk rombongan satu keluarga maksimal adalah 1.000 USD. Jika barang tersebut harganya melebihi 250 USD maka ada kebijakan lain yakni setiap keluarga dihitung maksimal 1.000 USD.
  3. Membawa barang maksimal 1 liter cairan yang mengandung etil alkohol termasuk parfum.
  4. Membawa maksimal 200 barang
  5. Membawa maskimalnya 25 barang cerutu.
>> Klik : Paket Wisata Malaysia 3 Hari 2 Malam

Pernyataan diatas adalah peraturan bea cukai yang berlaku di Indonesia.
Terhindar Dari Bea Cukai Indonesia Asal Baca Artikel Ini
Cara Terhindari dari Bea Cukai
  1. Jangan membawa barang elektronik baru di dalam dus yang berlebihan. Jika jumlahnya banyak sebisa mungkin barang elektronik dikeluarkan dari dus, sebaiknya letakan pada tas yang terpisah-pisah.
  2. Jika membawa parfum sebaiknya bawalah dengan jumlah yang wajar dan jangan terlalu banyak. Sebaiknya anda membawa parfum dengan dus yang belum dibuka.
  3. Jika membawa olahan hewan seperti dendeng jangan dalam jumlah banyak. Karena jika anda membawa dalam jumlah banyak barang tersebut dapat dikarantina.
  4. Sebaiknya jangan membawa uang tunai dalam jumlah banyak, karena maskimalnya hanya Rp 100.000.000,- saja.
  5. Jika anda membeli tas baru yang mahal maka sebaiknya langsung pakai saja dan jangan menyimpannya di dalam koper atau bagasi.
Terhindar Dari Bea Cukai Indonesia Asal Baca Artikel Ini

Perhatikan Barang Jalur Merah Yang Akan Kena Bea Cukai atau Dikarantina
  1. Barang-barang bawaan pribadi yang melebihi batas diatas.
  2. Hewan, tanaman, ikan atau produk-produk sejenisnya.
  3. Obat-obatan terlarang, senjata berbahaya dan benda atau publikasi pornografi.
  4. Film sinematografi, video laser disc, pita video berisi rekaman.
  5. Uang dalam rupiah atau mata uang asing senilai Rp 100.000.000,-
>> Klik juga : Harga Paket Tour Singapore 3 Hari 2 Malam

Contoh Kasus Bea Cukai Yang Umum Terjadi

Berikut adalah penjelasan contoh kasus bea cukai agar anda dapat mengondisikan barang-barang-barang yang akan anda bawa dari luar negeri ke Indonesia.

Terhindar Dari Bea Cukai Indonesia Asal Baca Artikel Ini

Contoh kasus pertama :

Terhindar Dari Bea Cukai Indonesia Asal Baca Artikel Ini. Di luar negeri, seorang wanita Indonesia membeli oleh-oleh mewah seperti tas branded. Ia membawa tas tersebut dalam keadaan asli dari toko. Ketika tiba di Indonesia, pihak bea cukai tentu akan menahan tas tesebut sampai dibayar bea masuk, PPNBM (pajak pertambahan nilai atas barang mewah. Total pembayaran hampir sama dengan harga aslinya.

Terhindar Dari Bea Cukai Indonesia Asal Baca Artikel Ini

Contoh kasus kedua :

Seorang penumpang dari luar negeri membawa 8 pasang sepatu dan 15 potong pakaian. Kemudian ia memasukkan barang-barang tersebut ke dalam koper dan dikondisikan seperti barang keperluan sehari-hari. Meskipun barang baru, pemuda ini tidak diwajibkan untuk membayar bea masuk oleh petugas bea cukai.

>> Pilih paket wisata ini : Paket Wisata Singapore Malaysia 3 Hari 2 Malam

Contoh kasus ketiga :

Seseorang yang telah menghabiskan waktu liburan di Singapura membeli oleh-oleh 4 kemeja dan sebuah laptop. Harganya pasti akan lebih ari 250 USD. Maka laptop dimasukkan di tas gendong sementar keempat baju barunya tetera kode tax price.
Maka oleh petugas bea cukai bandara, orang tersebut dimintai membayar bea masuk untuk keempat bajunya saja sementara laptop tidak.

Sadari Hal-hal yang Dapat Menimbulkan Masalah :

Terhindar Dari Bea Cukai Indonesia Asal Baca Artikel Ini. Terkadang kita sudah merasa baik dan benar namun ternyata masih ada saja hal yang berkaitan dengan bea cukai. Untuk menghindarinya anda dapat membaca beberapa hal tersebut.
  1. Memasukan barang yang di larang
Misalnya obat-obatan yang berhubungan dengan senjata, seksual dan lain-lain. Hal ini sangat jelas dilarang tapi jika anda masih membawanya maka siaplah urusan dengan bea cukai.
Terhindar Dari Bea Cukai Indonesia Asal Baca Artikel Ini
  1. Melakukan declare harga barang jadi lebih murah
Kondisi seperti ini terkadang bukan pembeli yang menjadi pelakukanya melainkan para konsumen. Caranya anda dapat meminta penjual di negara tersebut untuk menulis harga jadi lebih murah. Buatlah hal ini dengan kooperatif jika pegawai bea cukai meminta bukti pembayaran.

>> Pilih juga : Paket Wisata 3 Negara Singapore Malaysia Thailand
  1. Tidak menulis barang yang sesuai
Jangan sampai anda menulis barang yang tak dibeli. Sebaiknya tulis saja laptop jika anda membeli laptop jangan di tulis charger. Karena hal ini dapat membuat anda berurusan dengan bea cukai.
  1. Tidak mencatat dengan benar tracking dan etimasi
Jangan sampai anda lupa mengecek barang atau tidak sempat mencatat. Karena jika barang hilang atau tertinggal di bea cukai bahkan musnah kita yang rugi sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar