.quickedit{display:none;}

Jumat, 15 Desember 2017

Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini

Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini. Jika anda memutuskan berlibur tanpa menggunakan jasa agen travel maka info transportasi sangat penting untuk diketahui. Mode transportasi setiap negara tentunya akan berbeda.

Alat transportasi Singapura ini diantaranya seperti bus kereta api dan taksi. Jenis transportasi yang telah populer dan dapat menjadi pilihan anda diantarnya MRT, LRT dan Bus Singapura. Trsnsportasi MRT atau LRT menyediakan tiket tiket sekali jalan dan tiket perjalanan sekali saja. Namun tak perlu khawatir karena transportasi di Singapura ini sudah dikelola dengan baik.

Transportasi di Singapura sangat bersih, menggunakan AC, nyaman serta aman. Jika anda telah mengetahui mode transportasi Singapura tentunya akan memudahkan anda jalan-jalan kemana saja. Berikut adalah Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini.

>> Klik disini : Harga Paket Wisata Malaysia Murah

Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini
  1. Bus Singapura
Perusahaan jasa transportasi bus di Singapura hanya terdapat dua saja yakni bus SBS dan SMRT. Setiap us umumnya melayani semua jalur di Singapura. Cara pembayaran bus Singapura sangat berbeda dengan Indonesia jadi penting sekali untuk anda perhatikan.

Anda hanya dapat berhenti di beberapa halte Singapura dan anda tak bisa berhenti sembarangan bukan pada tempatnya. Bus di Singapura ini telah beroperasi mulai dari jam 5.00 pagi hingga menjelang tengah malam. Dan saat menjelang tengah malam juga telah ada Night Rider (NR)  Bus namun jangkauan bus malam ini sangat terbatas. Jadi jika anda berpergian saat sudah lewat tengah malam lebih baik menggunakan taksi saja.

Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini. Untuk cara pembayaran anda dapat menggunakan kartu EZ-link, Singapore Tourist Pass (STP) atau uang koin. Sebelum membayar tanyakan dulu kepada sopir tentang tujuan anda. Siapkan koin receh mulai dari pesahan $1 dan 50c  untuk mempermudah transaksi. Jika anda tak memiliki uang koin dan membayarnya dengan uang besar maka koin kembalian akan dimasukan pada kotak merah yang tersedia di samping sopir.

>> KLIK : Paket Wisata Universal Studio Singapore

Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini

Jangan lupa anda juga harus mengambil bukti pembayaran dari box merah tersebut. anda harus menunjukan bukti transaksi pada petugas bahwa anda telah membayarnya.

Saat anda ingin menggunakan jasa bus lihat dahulu jalur di halte-halte yang  tersedia apakah sesuai dengan tujuan anda atau tidak. Tersedia papan jalur bus dan berapa lama bus akan datang (timing board). Cara memberhentikannya tak jauh berbeda dengan mode tranasportasi di Indonesia dengan menekan tombol stop sebelum melewati halte.

Peraturan bus yang diterapkan perusahaan sama seperti MRT dengan memprioritaskan ibu hamil, lansia dan hindari duduk jika memang terpaksa. Jika bus dalam keadaan penuh anda dapat berpegangan pada tiang yang telah disediakan. Anda juga tidak boleh makan, minum bahkan merokok selama berada di dalam bus.

>> Kunjungi : Paket Wisata Singapore Malaysia 4 Hari 3 Malam

Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini
  1. MRT atau LRT Singapura
Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini. Sebelum membeli tiket MRT pastikan dulu kota tujuan anda. Setelah menentukan tempat tujuan berikutnya anda dapat langsung membeli tiket di mesin penjual tiket. Jika anda tak mengerti cara menggunakan mesin tersebut jangan malu untuk bertanya. Masyarakat Singapura telah familiar denga turis jadi mereka akan senang dapat membantu.

Untuk turis telah disediakan tiket terusan MRT dan bus tergantung berapa lama anda berada di Sinapura. Untuk membeli tiket trusan MRT anda dapat membelinya dimana saja.

Setelah tiket terbeli anda tinggal menempelkan tiket pada sensor di bagain pintu masuk dan pintu otomatis akan terbuka. Setelah sampai di tujaun anda tinggal menempelkan tiket pada sensor tersebut hingga berbunyi  atau jika anda tidak memiliki tiket dapat langsung membayar cash pada sopir.

Sebutkan anda akan kemana dan sopir akan memberitahukan tarif yang harus dibayar.jangan lupa untuk ambil tiketnya dari sopir karena jika dalam pemeriksaan anda tidak memiliki tiket akan didenda.

>> Kunjungi juga : Promo Paket Wisata Singapore

Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini
  1. Tiket Terusan MRT dan Bus Singapura
Bagi turis yang ingin berkunjung ke Singapua tersedia layanan tiket terusan untuk mode transportasi MRT dan Bus. Tiket tersebut dikenal dengan nama Singapore Tourist Pass. Dengan menggunakan tiket ini sebagai turis anda tak perlu membayar apa-apa lagi.

Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini. Harga di pasang SGD $8 untuk satu, dua atau tiga hari saja dengan uang jaminan yang dapat dikembalikan sebesar SGD 10. Tiket STP ini juga dilengkapi dengan penawaran toko dan lain-lain sehingga sangat menguntungkan bagi anda.

Tiket STP ini hanya dijual resmi di transit link Changi Airport, City Hall, stasiun MRT Orchard, Chinatown, Raffles Place, Bugis, Ang Mo Ko, HarbourFront dan di beberapa titik Singapore Visitors Centre. Harga tiket STP ini mulai dari $10 - $20 saja.

Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini
  1. Taksi Singapura
Semua taksi di Singapura menggunakan argo terkecuali limonise service. Anda dapat memberhentikan taksi dimana saja. Biaya menggunakan transportasi taksi ini berdasarkan pada jarak yang ditempuh.

Saat pertama naik tarifnya adalah $3.00 - $ 3.90 saja. Tarik diapasang per 10 km jarak tempuh dan jika melebihi 10 km maka dikenakan biaya 22 sen per 400 meter jika anda sampi di km 10 dan biaya lebih jika melewati 10 km tarif tambahannya 22 sen per 350 meternya.

Berada di Singapura ? Baca Dulu Panduan Transportasi Ini. Biasanya tarif taksi ini akan dikenakn biaya tambahan pada hari senin-jumat  di jam 6.00 – 09.30, hari senin dn hari libur nasional di jam 18.00 – 24.00 dengan kenaikan sebesar 25%. Tambahan tarif juga terjadi pada jam 24.00 hingga pukul 05.59 sebesar 50%. Biaya taksi ini berbeda tergantung dari perusahaan taksi yang anda tumpangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar