.quickedit{display:none;}

Selasa, 19 Desember 2017

Mengulik Wana Wisata Stone Garden Bandung

Mengulik Wana Wisata Stone Garden Bandung. Stone Garden Padalarang, Bandung adalah salah satu destinasi wisata populer yang selalu dikunjungi wisatawan yang tidak hanya menjadi tujuan wisata belanja dan wisata kuliner saja.

Banyak destinasi wisata baru di Bandung yang menjadi buruan wisatawan salah satunya adalah Stone Garden Geo Park Citatah Padalarang. Bagi anda yang ingin merasakan sisi  lain kota Bandung datanglah ke Stone Garden. Tempat wisata alam Bandung Barat ini terletak di Ciatatah.

Stone Garden merupakan kawasan pegunungan batu kapur yang berada di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya, Desa Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Dari Padalarang lokasi wisata ini hanya berjarak sekitar 5 km saja. Dan anda dapat mengakses lokasi dengan mudah melalui berbagai transportasi baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Mengulik Wana Wisata Stone Garden Bandung :

Mengulik Wana Wisata Stone Garden Bandung

Sejarah Wisata Stone Garden Padalarang

Kawasan Citatah adalah daerah yang berjak 5 km dari Padarang dengan masyarakat sekitar yang bermata pencaharian utama usaha penambangan batu kapur dan sebagian lagi berjualan oleh-oleh khas Bandung. Jalur Padalarang – Citatah ini dahulunya sebelum menjadi jalan tol yang menghubungkan Bandung dengan Jakarta adalah kawasan jalur yang ramai dilalui banyak kendaraan.
Sepanjang jalan di kawasan ini dahulunya merupakan pusat atau sentra para pengrajin, penjual makanan khas Bandung dan kawasan wisata kuliner dengan banyaknya tempat makan.

>> Klik : Paket Wisata Universal Studio Singapore

Semenjak jalan tol yang menghubungkan Bandung dengan Jakarta beroperasi, Padalarang menjadi kawsan yang sepi dari aktifitas bisnis dan menyisakan kegiatan usaha tambang batu kapur hingga sekarang.

Bahkan sekarang pertambangan kapur yang digunakan masyarakat sudah produktif dan tak lepas dari sejarah pertambangan masyarakat yang berlangsung pada abad 19.

Gunung Kapur yang tampak indah ini dapat anda lihat di sepanjang daerah Citatah ternyata sangat erat kaitannya dengan danau pubakala. Danau Purbakalai ini pernah menenggelamkan kawasan Bandung hingga beberapa ribuan tahun lalu.

Mengulik Wana Wisata Stone Garden Bandung

Mengulik Wana Wisata Stone Garden Bandung. Kejadian ini menyebabkan danau bandung purba kemudian surut dan para ilmuan sejarah mencatat bahwa lokasi wisata bersejarah lainnya yang terkenal di Sanghyang Tikoro adalah tempat diamana air danau menghilang.

Sekarang tinggal sisa cekungan besar yang dikenal dengan nama Kota Bandung. Hal inilah yang berkaitan erat dengan sejarah terbentuknya kota Bandung.

Kelompok Riset Cekungan Bandung atau KRBC ini merupakan kelompok yang melakukan kejadian terhadap kawasan dan salah satu hasil penemuannya yang fenomenal adalah Gua Pawon.

Disini anda juga akan menemukan objek wisata bersejarah seperti Pasir Pawon dan sejumlah artefak atau barang-barang peninggalan sejarah manusia purba yang diyakini menjadi cikal bakal penduduk Bandung asli. Artefak manusia purba tersebut seperti tulang dan gigi binatang.

>> Klik juga : Paket Wisata Legoland Malaysia

Mengulik Wana Wisata Stone Garden Bandung

Wisata Stone Garden Padalarang

Mengulik Wana Wisata Stone Garden Bandung. Stone Garden adalah sebuah tempat wisata alam yang berada di ketinggian tepatnya di kawasan Bandung Barat yang dahulunya dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Pasir Pawon. Karena banyaknya wisatawan yang telah mengunjungi tempat ini sekarang lebih terkenal dengan nama Stone Garden Padalarang.

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Stone Garden untuk menikmati sensasi keindahan batu kapur yang sangat eksotis. Dan mereka sudah siap untuk berfoto ria dan hingga disediakan spot foto khusus dan wisata sejarah budayanya.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Stone Garden akan disuguhkan bukti sejarah dengan adanya aneka fosil binatang yang beberapa koral di atas bukit. Dan hal ini juga membuktikan bawa lokasi dataran tinggi Stone Garden Padalarang sekitar 27 juta tahun lalu merupakan kawasan laut dangkal.
Dengan melewati proses panjang, kawasan ini pun menjadi batuan yang dimana koral tadinya hidup kemudian mati hingga membentuk batuan gamping. Perlu anda ketahui Stone Garden berada di ketinggian 709 mdpl dan tidak berada jauh dari destinasi wisata Bandung Barat lainnya.

>> Pilih Paket Wisata Ini : Paket Tour Bandung 3 Hari 2 Malam

Kawasan wisata Stone Garden menyuguhkan pesona alam yang luas sekitar 2 hektare. Di tempat ini pengunjung akan dimanjakan dengan goresan alam yang sangat eksotis. Batuan gamping ini berdiri secara alami dengan bentuk yang tidak beraturan.

Rumput dan tumbuhan liar lain akan nampak alami dan masih terlihat menutupi kawasan wisata Stone Garden. Pemandangan yang ada di wisata Stone Garden sungguh sangat menakjubkan dan tak bosan dipandang.

Mengulik Wana Wisata Stone Garden Bandung

Fasilitas di Wisata Stone Garden Padalarang

Mengulik Wana Wisata Stone Garden Bandung. Membahas fasilitas yang ada di kawasan wisata Stone Garden ini tak perlu khawatir karena sudah terbilang cukup lengkap untuk menunjung kenyaman pengunjug. Tersedia fasilitas toilet, mushola dan warung-warung sederhana yang menjajakan aneka camilan dan cendra mata.

Lokasi dan Jam Operasional Wisata Stone Garden Padalarang

Stone Garden berada di Kampung Giri Mulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Bandung. Jam operasional wisata Stone Garden selama 24 jam mulai dari hari senin sampai minggu.

Tiket Masuk Wisata Stone Garden Padalarang

Jika anda masuk melalui pintu langsung ke Stone Garden tiketnya Rp 3.000,- dan tarif parkir kendaraan mobil Rp 10.000,- dan untuk motor Rp 5.000,- saja. Jika anda masuk melalui Goa Pawon tiketnya Rp 6.000,- dan tarif parkit kendaraan mobil hanya Rp 5.000,-.

>> Kunjungi juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar