.quickedit{display:none;}

Senin, 01 Mei 2017

Street Food di Malaysia

Street food atau jajanan pinggir jalan banyak tersedia di Malaysia. Tepatnya di Penang banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual jajanan khas negara mereka. Ada 15 street food yang wajib kamu coba selama berada di Malaysia. Ini dia daftar lengkapnya.


1. Assam Laksa
Ini isinya adalah bihun dengan kuah kaldu ikan yang sedikit asam. Tidak terlalu asing bagi orang Indonesia yang punya banyak kuliner menggunakan ikan. Disajikan dengan jage, rawit hijau, potongan timun, dan tak ketinggalan ada juga bunga jahe.
2. Rojak
Di Indonesia kita menyebutnya rujak. Bedanya dengan rujak Indonesia yang isinya buah yang dipotong dengan saud gula kacang di Malaysia ada tmabahan gurita dan gorengan.
3. Roti Canai
Roti tipis yang punya banyak lapisan alias roti canai yang disantap dengan cocolan kuah kari biasanya untuk sarapan.
4. Apom Balik
Serupa dengan martabak mini bedanya dalam adonan terdapat krim jagungnya.
5. Koay Chiap
Sup ini terdiri dari jeroan bebek, tenggorok, darah yang digumpalkan, suwiran daging bebek, telur rebus, dan juga segulung bihun lalu disajikan dengan taburan seledri.
6. Chee Cheong Fun
Di Jakarta orang menyebutnya sebagai Chi Chong Fan. Isinya mirip lembaran kwetiaw lalu disiram dengan saus sambal dan juga saus hitam manis citarasa udang yang melengket. Ada taburan wijen atau bawang goreng di atasnya.
7. Teh Tarik
Ini minuman yang dapat kita temukan dengan mudah di kafe orang India apalagi yang menyediakan roti canai. The tarik terbuat dari teh hitam yang dicampur dengan susu kental manis lalu ‘ditarik’ hingga menghasilkan busa di atasnya.
8. Koay Theow Th'ng
Kwetiaw yang disajikan dalam mangkuk dengan kuah kaldu dan juga daging cincang, kuning telur setengah matang, dan bakso ikan. Kita bisa mengaduk kuning telurnya agar tercampur dengan semua bahan dalam mangkuk atau dapat langsung dimakan begitu saja secara utuh.
9. Lok Lok
Sama artinya dengan ‘celup-celup’. Ada panci dengan air mendidih di bagian tengah meja. Kita dapat merebus makanan yang ditusuk dengan tusuk sate isinya sayur, tofu, dan berbagai jenis makanan laut. Pada bagian tusukan satenya ada warna yang menunjukkan harga makanan tersebut. Nantinya setelah kita selesai makan pedagang akan menghitung tusuk satenya dan kita akan membayar sesuai jumlah harganya.
10. Ais Kacang
Serupa dengan es campur. Ais kacang ini isinya jagung, kacang merah, dan juga kolang-kaling. Bagian atasnya ada es serut dengan sirup merah dan susu kental manis.
11. Char Kuey Teow
Bahan dasar serupa dengan Koay Teow Th'ng, Kwetiaw ini digoreng dengan bahan tambahan telur, kerang, udang, tauge, dan juga kucai.
12. Hokkien Mee
Ini adalah makanan yang merupakan campuran bihun dan mie yang ada kangkungnya, tauge, udang, potongan daging, dan juga telur rebus. Sambalnya disajikan di atas sendok.
13. Wan Tan Mee
Ini adalah mie pangsit yang disajikan dengan daging potong dan juga sayuran.
14. Mee Goreng
Beda ya sama mie goreng Indonesia. Bumbunya jahe, bawang putih, dan juga tomat yang dicampur dengan sambal, telur, kentang, tauge, dan bahan rahasia lainnya. Disajikan di atas piring beralas daun pisang. Bertabur seledri dan bawang goreng.
15. Nasi Ayam Panggang
Kalau tidak suka ayam bisa diganti bebek panggang, babi panggang, atau ketiganya. Disajikan dengan kecap manis dan potongan dagingnya terdapat kulit yang renyah. Nasinya lembut dan nikmat karena dimasak menggunakan minyak dan metega. Ada kuah juga yang terbuat dari tulang ayam atau bebek atau babi.
Sudah siap jajan street food di Malaysia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar