.quickedit{display:none;}

Rabu, 07 Maret 2018

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lombok

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lombok

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lombok. Wisata Pantai Tebing merupakan destinasi wisata yang selalu menarik banyak perhatian turis ketika berkunjung ke Lombok adalah Kepulauan Gili. Baik itu Gili Trawangan, Air ataupun Meno yang menyuguhkan keindahan alam khas. Siapa saja yang datang ke Lombok rasanya sudah tak mau pulang, bagaimana tidak ? terdapat banyak tempat wisata lain yang lebih menarik dan luar biasa.

Yang salah satunya akan kita bahas pada artikel ini yaitu wisata Pantai Tebing. Pantai Tebing adalah salah satu spot foto yang terkenal eksotis di Lombok Utara. Pantai ini letaknya tersembunyi dan juga masih bersih sehingga pemandangan alam yang alami nampak nyata.

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lombok. Kawasan Pantai Tebing adalah salah satu warisan alam Geopark Rinjani. Sebuah plang telah dipasang di dekat pantai yang menjelaskan asal dari pembentukan tebing. Tebing tersebut mengandung fragmen koral akibat dari letusan beberapa ratus tahun lalu. Tempat ini wajib anda kunjungi bagi para pecinta alam ataupun bagi para traveller sejati. Karena saat berada disini dijamin akan takjub dengan pesona alam yang benar alami, indah, unik dan luar biasa.

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lembok

Tebing di kawasan ini rawan longsor dan sebagian besar dinding tebing dikotori dengan aksi pengunjung yang kurang mencintai alam. Mereka malah menuliskan namanya pada dinding tebing. Padahal tebing ini cukup berbahaya untuk dipanjat karena memang rawan terhadap longsor.
Menurut informasi dari warga setempat di kawasan tebing juga banyak ditemukan tengkorak puluhan tahun lalu. Ia menduga dahulunya tebing tersebut sempat dijadikan permakaman. Namun semua hal itu tidak menyurutkan minat wisatawan yang jatuh cinta akan pesona Pantai Tebing.

Di bagian kawasan ini masih ada tanah kosong yang sedang direncanakan untuk pembangunan villa. Dari informasi yang didapat tanah tersebut sudah menjadi milik warga asing dan dalam waktu dekat akan dibangun villa. Dengan dibangunnya villa maka diharapkan akan memberikan dampak ekonomis bagi masyarakat sekitar. Dan fasilitas di kawasan pantai juga akan segera dilengkapi agar wisatawan yang datang lebih merasa nyaman.

>> Lihat paket wisata ini : Paket Tour Bali 3 Hari 2 Malam

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lembok

Terbentuknya Pantai Tebing

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lombok. Pantai Tebing sangat unik karena memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Berdasarkan informasi yang diperoleh dibawah tebing di dekat pantai terbentuk akibat endapan awan panas yang mengandung fragmen koral.

Dahsyatnya letusan dari Gunung Tambora di Pulau Sumbawa pada tahun 1815 mengakibatkan terjadinya tsunami hingga ke Lombok. Endapan aliran piroklatik hasil letusan gunung api yag masuk ke dalam laut tersebut kemudian menghasilkan letusan sekunder yang membentuk endapan piroklatik sehingga menunjukan perlapisan pada tebing.

Tekstur tebing di pantai ni terdiri dari pasir yang tercampur tanah halus dan bebatuan kecil. konturnya tidak terlalu kuta sehingga terjadi pengurangan lapisan sedikit demi sedikit oleh ombak. Pantai Tebing ini menjadi salah satu alternatif wisata pantai yang menarik dan unik di Pulau Lombok.

Pantai Tebing sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto keren anda atau untuk video. Pantai tebing ini adalah salah satu spot sunset yang sangat bagus karena berhadapan langsung dengan laut lepas. Keadaan pantai tebing ini tidak terlalu ramai keran letaknya yang tidak begitu populer di kalangan wisatawan.

>> Promo Wisata : Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lembok

Aktifikas di Pantai Tebing

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lombok. Pantai Tebing Lombok terbilang masih cukup sepi jika dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Pulau Lombok. Kontur tebing yang sangat unik menjadi salah satu daya tarik bagi pasangan calon pengantin untuk melakukan foto preweddiing. Untuk penyuka sunbathing pantai ini juga sangat tepat karena kondisinya yang bersih.

Pantai ini kurang tepat digunakan untuk perenang pemula karena ombaknya yang cukup besar dan berhadapan langsung dengan laut lepas. Di pantai ini anda juga akan menjumpai beberapa orang yang sedang memancing.

Salah satu tujuan wisatawan yang datang ke Pantai Tebing adalah untuk berburu sunset yang menghadirkan nuansa khas dan eksotis. Nuansa matahari terbenam di tempat ini sangat unik dan memiliki daya tarik yang luar biasa. Jadi tak heran jika selalu waktu senja menjadi waktu favorit untuk berfoto.

>> Promo Wisata Menarik : Paket Wisata Bandung Terbaru 2018

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lembok

Lokasi Wisata Pantai Tebing

Yuk Jelajahi Keindahan Pantai Tebing di Lombok. Pantai Tebing berada di Dusun Luk, Desa Sambik Bangkl, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di belakang SMPN 2 Gangga. Dari Kota Mataram anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja. Terdapat dua alternatif akses jalan yang dapat anda lewati yakni melewati pusuk sambil menikmati indahnya  nuansa pegunungna dan melihat kera yang bermain di pinggir jalan. Sedangkan alternatif kedua anda dapat melewati sengigi sambil menikmati pesona pantai dan bukit yang indah.

Area wisata pantai tebing ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah sehingga tidak ada tiket masuk dan juga tidak ada petugas parkir. Namun anda tak perlu khawatir karena masalah keamanan ketika berkunjung. Di dekat kawasan ini juga belum ada pedagang jadi tak ada salahnya anda membawa bekal makanan dari rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar