.quickedit{display:none;}

Selasa, 06 Maret 2018

Taman Narmada di Lombok yang Wajib di Kunjungi

Taman Narmada di Lombok yang Wajib di Kunjungi

Taman Narmada di Lombok yang Wajib di KunjungiSejarah Taman Narmada, Taman Narmada adalah salah satu taman yang terbesar di Nusa Tenggara Barat dan berada di 11 km tmur kota Mataram. Taman Narmada didirikan oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1727 Masehi. Taman taman ini sebenarnya diambil dari sebuah sungai  suci yang ada di India yakni Sungai Narmadani. Taman ini menyerupai Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Konon saat Raja telah sangat tua untuk melakukan ritual kurbal ke puncak Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 mdpl, beliau kemudian memerintahkan seluruh arsitek kerajaan untuk membawa nuansa yang ada di Gunung Rinjani ke tengah pusat kota dan menjadikannya Taman Narmada. Taman Narmada digunakan sebagai miniatur Gunung Rinjani dan perayaan dilakukan setiap bulan purnama atau dikenal dengan sebutan tahun caka.

Taman Narmada di Lombok yang Wajib di Kunjungi

Wisata Taman Narmada

Taman Narmada di Lombok yang Wajib di Kunjungi. Taman Narmada memiliki konsep yang sangat khas dengan pemandangan alam eksotis yang telah ditata unik menyerupai Taman Narmada terdapat sebuah pura yang bernama Pura Kalasa di bagian atas. Untuk dapat sampai ke pura ini anda harus melewaati puluhan anak tangga dahulu yang sengaja dibuat agar nampak seolah sedan mendaki Gunung Rinjani. Memang perjalanan yang cukup melelahkan, namun semua keluh kesah itu akan terbayar habis dengan pesona alam yang indah dan segar terlebih dengan banyaknya pepohonan rindang serta kolam renang alami dengan air jernih.

Di dalam satu tahan sekali Pura Kalasa mengadakan acara Pujawali. Acara ini dilakukan para umat hindu untuk menyembah Tuhan dan berterima kasih atas hasil bumi. Selain itu tempat ni juga sering mengadakan acara pakelem sebagai tempat peristirhatan Raja dan keluarganya. Taman Narmada ini juga memiliki bangunan yang ada di bagian depan pintu masuk yang disebut Bale Agung yang merupakan tempat pertemuan atau rapat.

Sedangkan Bale Loji merupakan tempat penyimpananan alat persenjataan yang digunakan oleh para prajurit kerajaan. Di bagian selajat juga terdapat grai souvenit yang menjual aneka pernak-pernak lucu dan unik khas Lombok.

>> Lihat ini : Paket Wisata Legoland Malaysia

Taman Narmada di Lombok yang Wajib di Kunjungi

Mata Air Awet Muda di Taman Narmada

Taman Narmada di Lombok yang Wajib di Kunjungi. Banyak hal yang menjadi daya tarik wisata Taman Narmada di Lombok salah satunya adalah air kolam yang berasal dari sumber air Gunung Rinjani dan dipercaya dapat menjadikan seseorang awet muda. Anda dapat mencoba hal unik dengan cara di minum atau membasuhkannya ke wajah. Anda juga dapat menikmati kuliner khas Lombok yang berada disini dan telah terkenal yakni Sate Bulayak.

Sekarang ini Taman Narmada telah dibuka untuk umum dan menjadi pusat rekreasi yang tak pernah sepi wisatawan baik lokal maupun asing. Wisatawan yang datang akan dibuat takjub dengan pemandangan alam yang indah serta mitos yang membuat penasaran tersebut.

Fasilitas Wisata di Taman Narmada

Taman Narmada di Lombok yang Wajib di Kunjungi. Di wisata Taman Narmada ini terbilang memiliki fasilitas yang memadai. Mulai dari kolam, taman dan mata air yang telah terbukti murni asli berasal dari Gunung Rinjani. Sehingga kebanyakan masyarkat sekitar menyebut mata air tersebut dengan nama air awet muda.

taman narmada, Taman Narmada di Lombok yang Wajib di Kunjungi

Kompleks Taman Narmada

Taman Narmada memang luas sehingga kawasannya juga dibagi ke dalam beberapa bagian atau kompleks. Berikut adalah beberapa kompleks bagian yang ada di wisata Taman Narmada.
  • Gerbang utama : bangunan berupa gapura bentar dan berada di samping utara.
  • Jabalkap : bagian dalamnya terdapat telaga kembar.
  • Gapura Gelang atau Paduraksa : merupakan bagian pengubung pada halaman jabalkap dengan halaman mukedes.
  • Halaman Mukedes : terdapat banyak bangunan seperti Sanggah Pura, Balai Pamerajan dan Balai Loji.
  • Halaman Pasarean : halaman yang berada di Balai Loji, Telaga Padmawangi, Pawadeyab dan Pawargan.
  • Balai Jelas : suatu bangunan yang berperan sebagai tempat tidur raja atau tempat istirahat yang berupa panggung dan semuanya terbuat dari kayu.
  • Pura Kelasa atau Pura Narmada : pura dengan arsitektur menyerupai pundek berundak dan merupakan pura yang umum bagi semua umat Hindu.
  • Halaman Patandan : terdapat dua banguanan sakapat atau panggung terbuka yang bertiang empat.
  • Halaman Bancingah : halaman yang hanya ada tembok disekililingnya dengan dua gapura bentar.
>> Lihat juga paket wisata ini : Paket Wisata Thailand 2018

Unsur-unsur Bangunan Lain yang Ada Di Taman Narmada :

Taman Narmada di Lombok yang Wajib di Kunjungi. Di Taman Narmada ini masih terdapat unsur unik seperti pancuran sembilan atau siwak yang berada diatas Segara Anak. Bentuk bangunannya dorogancet dengan dua bagian terpisah yang mirip bangunan khas jawa Tengah. Banguanan ini termasuk dalam banguanan sakral bagi umat Hindu Dharma atau pengauh Saat Tilu.

Tiket Masuk Wisata Taman Narmada

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Taman Narmada hanya perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Dengan Rp 4.000,- saja per orang anda akan mendapatkan keistimewaan yang dicari banyak orang. Sedangkan bagi warga negara asing yang ingn berkunjung kesini harus membayar tiket sebesar Rp 10.000,- per orangnya.

Lokasi Wisata Taman Narmada

Taman Narmada terletak di Jalan Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Lembuak, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar