.quickedit{display:none;}

Kamis, 22 Maret 2018

Air Terjun Sendang Gile yang Fenomenal di Lombok

Air Terjun Sendang Gile yang Fenomenal di Lombok. Nusa Tenggara Barat adalah salah satu provinsi yang terkenal dengan wisata alam yang indah.

Di Kabupaten Lombok Utara terdapat sebuah Desa Senaru, Kecamatan Bayan terdapat sebuah Air Terjun Sedang Gile.

Air terjun ini berada di ketinggian 600 meter diatas permukaan air laut sedangkan tingginya mencapai 31 meter.

Air terjun fenomenal ini tediri dari tingkatan yakni tingkatan pertama yang dimulai dari atas tebing hingga ke kolam yang berada di bagian bawahnya.

Lalu tingkatan keua berada dari kolam pertama dan mengalir sampai ke sungai di bawahnya.


Air Terjun Sendang Gile yang Fenomenal di Lombok

Sejarah Air Terjung Sendang Gile Lombok

Masyarakat sekitar sering menyebut air terjun ini dengan sebutan Batu Ko’ yang artinya adalah batu kerbau.

Menurut legenda yang diyakini oleh masyarakat sekitar, Sendang Gile ini dahulunya adalah sebuah tempat mandi para bidadari yang turun ke bumi dan ada juga cerita lain yang menyebutkan bahwa Air Terjun Sendang Gile ini berrati singa gila.

Dengan seiringanya waktu pelafalan sengang gile ini berubah menjadi nama Sendang Gile.
Karena saat orang pertama yang menemukan air terjun ini adalah orang yang sedang memburu singa yang baru saja memporak-porandakan perkampungan lalu kabur ke hutan .

>> Klik : Paket Wisata Lombok 3 Hari 2 Malam

Mitos yang berbedar di masyarakat tersebut menyebutkan bahwa kita akan terlihat lebih muda satu tahun dari usia sebenarnya jika membasuh muda dengan air di air terjun ini.

Air Terjun Sendang Gile adalah pintu masuk bagi para pendaki yang ingin mendaki ke Gunung Rinjani yang berada di kawasan Desa Senaru.

Air Terjun Sendang Gile yang Fenomenal di Lombok

Air Terjun Sendang Gile menyuguhkan udara yang sejuk dengan nuansa hijau alami. Karena air dari di tempat ini berasal dari mata air Gunung Rinjani maka airnya terasa begitu segar karena mengalir dari sumber mata air pegunungan.

Kesegaran dan kejernihan air terjun disini sangat menggoda untuk dinikmati entah itu untuk berenang atau menikmati keindahan.

Dengan adanya mitos jika mencuci muka dengan Air Terjun Sedang Gile maka akan awet muda dan hal inilah yang dapat dikatan sebagai daya tarik bagi wisatawan.

Siapa sih yang tidak mau terlihat awet muda ? tentu, setiap orang mengingnkannya, makanya yuk liburan ke Air Terjun Sedang Gile.

Saat menginjakkan kaki di air terjun ini pasti penglihatan kita tidak akan hentinya disuguhkan keindahan alam.

Keindahan pepohonan hijau serta semak-semak belukar di sekitarnya menyuguhkan pemandangan asri yang menyehatkan mata.

Bagi pecinta kegiatan menantang, jalur menuju ke wisata air terjun ini wajib dicoba. Kawasan wisata air terjun Sendang Gile ini masih sangat alami dan terjaga keasliannya.

Untuk segi fasilitas, di wisata air terjun ini belum terlalu banyak toilet dan hanya ada 1 buah kamar mandi dan 1 ruang ganti saja.

Tempat berteduhnya juga hanya sekedar rumah panggung sederhana dengan kapasitias kecil. jadi bagi anda yang ingin berwisata kesini sebaiknya bukan pada musim hujan karena dapat membahayakan.

>> Promo wisata Bandung : Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam Terbaru

Akses Menuju Wisata Air Terjun Sendang Gile Lombok

Untuk tiba di wisata Air Terjun Sendang Gile anda harus melewati beberapa jalur seperti di bawah ini.

Air Terjun Sendang Gile yang Fenomenal di Lombok
  • Jalur ratusan anak tangga
Jalur pertama yang harus dilewati untuk tiba di air terjun adalah jalur dengan ratusan anak tangga dengan ketinggian kurang lebih mencapai 40 meter.

Setelah itu kita harus melalui sebuah lembah yang menghabiskan waktu sektar 15 menit dengan melewati jembatan berlubang. Jika anda tidak ingin melewati jalur ini dapat menggunakan jalur lain.

Air Terjun Sendang Gile yang Fenomenal di Lombok
  • Jalur alternatif
Jalan alternatif lain yang dapat kita pilih untuk menuju wisata Air Terjun Sendang Gile adalah mengikuti saluran irigasi dengan menyusuri pinggiran lembah dengan permukaan yang cukup curam.
Setelah menyusuri lembah anda juga harus melalui jembatan yang terbuat dari rotan.

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan jika igin berkunjung ke Air Terjun Sendang Gile maka penting untuk membawa bekal makanan dan minuman. Karena disana jarang terdapat para pedagang makanan.

Lokasi Wisata Air Terjun Sendang Gile

Wisata Air Terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok. Lokasinya wisata air terjun ini berada tidak jauh dari lokasi Taman Nasional Gunung Rinjani.

Dan anda hanya memerlukan waktu 15 menit saja dari jalur trekking menuju ke Gunung Rinjani.
Jalanan menuju wisata ini tidak begitu rumit dan jangan khawatir tersasar. Anda hanya perlu melewati sekitar 500 anak tangga saja untuk tiba ke lokasi wisata Air Terjun Sendang Gile.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 31 meter ini termasuk air terjun tertinggi yag ada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Di kawasan ini juga masih terdapat air terjun lain yang tak kalah mempesona. Air Terjun Sendang Gile sendiri terkenal dari keindahan dan tatanan air terjun yang curam dan mengalir curam dari ketinggian seakan terpotong sebelum curah airnya mencapai ke daratan.

Jadi, kapan anda menikmati keindahannya ? yuk berangkat berasama Java Wisata.

>> Klik juga :  Paket Tour Bandung 3 Hari 2 Malam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar