.quickedit{display:none;}

Selasa, 20 Oktober 2015

Jelajahi Guraici di Garis Khatulistiwa

Pulau Guraici Halmahera Selatran
Belum habis saya kupas tentang keindahan Pulau Maluku, kali ini saya akan membahas tentang Pulau Lelei dan Pulau Guraici. Pulau Lelei dan Pulau Guraici Merupakan bagian dari Halmahera Selatan yang berada di bagian utara Maluku. Secara geografis kedua pulau ini berada di wilayah Kayaoa, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Karena berada di wilayah garis khatulistiwa suhu di pulau ini terbilang panas.

Pulau Lelei merupakan pulau yang berpenghuni, terdapat beberapa desa di pulau ini. Villa - villa khas yang berjajar di pinggir pantai dan pasir putih yang halus membuat sempurna "lukisan" Tuhan ini. Ikan - ikan yang banyak membuat mayoritas di pulau ini berprofesi sebagai nelayan, ini juga yang menyebabkan ikan - ikan disana dipasang dengan harga murah.

Disana juga terdapat beberapa homestay untuk anda yang ingin puas wisata pulau - pulau di Halmahera Selatan. Homestay disini pun relatif murah, namun di pulau ini tidak akan kita dapati restoran maupun rumah makan, selama disana kita akan dibantu penduduk - penduduk setempat untuk menyediakan makanan. Tak jauh dari penginapan, sekitar 15 menit dengan hanya berjalan kaki kita akan mendapati sebuah menara dengan tinggi sekitar 25 meter, kita bisa menaikinya untuk dapat menikmati Pulau Lelei dan sunrise atau sunset diatas menara.

Pulau Guraici

Beda dengan Lelei, Pulau Guraici merupakan pulau tak berpenghuni, dalam bahasa setempat Pulau Guraici berarti Kebun Kecil, diambil dari kata Gura yang berarti Kebun dan Ici yang berarti Kecil. Untuk dapat memasuki Pulau Guraici ini kita harus menyebrang dari Pulau Lelei, sebab itulah Pulau Lelei disebut sebagai pintu masuk ke Pulau Guraici. Disana terdapat dermaga kecil yang berhadapan langsung dengan Pulau Guraici. Dari dermaga Pulau Lelei kita dapat menyewa perahu ketinting. Sebelum menuju P.Guraici kita juga bisa memancing ikan terlebih dahulu untuk bisa kita nikmati disana.  


Pulau ini memiliki keindahan taman bawah laut yang menakjubkan, air laut yang jernih membuat tidak bisa menahan diri untuk segera menceburkan diri untuk berenang, kegiatan diving dan snorkeling juga bisa kita lakukan disini. Karena pulau ini tidak berpenghuni  perbekalan makanan pun harus kita siapkan agar tidak kelaparan saat bersenang - senang.

Maluku utara

Namun karena disini listrik masih mengandalkan generator kecil, penggunaan tenaga listrik pun dibatasi dari jam 6 malam hingga jam 12 malam. Tidak hanya itu jaringan telepon seluler dan internetpun terbatas, namun dalam segala kekurangan itu terdapat kelebihan yang bisa kita dapat, kita dapat benar - benar menikmati liburan kita tanpa harus direcoki dan dibebani masalah - masalah pekerjaan. Inilah Indonesia terdapat banyak Wisata Indonesia yang tersimpan keindahaannya mulai dari Sabang hingga Marauke .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar